Sekolah Tunarungu Karnnamanohara

Mengapa Anak Tunarungu Perlu Sekolah ?

Jawaban yang penting dari pertanyaan di atas adalah “Ya” dan “sangat perlu” juga harus sangat segera. Karena gangguan yang menyebabkan  ketunarunguan akan juga berakibat adanya gangguan terhambatnya perkembangan bahasa secara keseluruhan. (konsep verbal dan non verbal-reseptif maupun ekspresif). Gejala terhambatnya bahasa adalah tidak dapat menyampaikan keinginan sekaligus juga tidak dapat menangkap ide orang lain (berkomunikasi). dan anak mulai berisyarat. Temperamental.

Kapan waktu yang tepat ?

Dari usia dini (1.8th atau sebelum usia 5 tahun) karena pada usia tersebut anak masih belum banyak mempunyai keinginan sehingga masih mudah untuk dibimbing atau diarahkan dalam mengikuti perkembangan bahasa yang pada dasarnya sudah tertinggal dari anak pada usianya.

Bagaimana syarat2 untuk dapat diterima di Karnnamanohara?

Pertama

Membawa surat hasil pemeriksaan dari dokter THT atau rekomendasi perkembangan psikologis sosial dari tumbuh kembang anak.

Kedua

Mengikuti prosedur penerimaan murid di Karnnamanohara seperti; observasi minimal 3 hari maksimal 1 minggu yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak sehingga dapat dikelompokkan sesuai dengan kemampuannya.

Ketiga

Setelah anak diobservasi dan hasilnya baik (sesuai dengan format visi sekolah) maka akan ditindak lanjuti dengan mengisi formulir pendaftaran murid baru sedangkan bagi anak dengan hasil observasi yang tidak sesuai dengan visi seklah akan direkomendasikan ke sekolah yang sesuai dengan kemampuan dan keadaan anak tersebut.

Keempat

Pengisian formulir hanya diberi waktu selama 5 hari.Jika dalam 5 hari formulir tidak segera dikumpulkan, maka dianggap tidak berminat mendaftar di Karnnamanohara, dan kesempatan akan diberikan kepada pendaftar yang lain. Dengan menandatangani formulir pendaftaran maka dianggap menyetujui seluruh ketentuan dan tata tertib yang berlaku di Karnnamanohara.

Bagaimana metode pengajaran di Karnnamanohara ?

Karnnamnohara memberikan pelayanan pendidikan dengan menggunakan Metode Maternal Reflektif yaitu suatu metode pembelajaran berbahasa bagi anak tunarungu.

Apa Keunggulan Menggunakan Metode Maternal Reflektif ?

Pembelajaran berbahasa melalui percakapan, membuat anak terbiasa bercakap sejak kecil,  mereka mempunyai keterampilan berbahasa seperti anak yang mendengar pada umumnya sehingga anak mempunyai kepercayaan diri yang lebih

Jenjang Apa Saja yang Ada di Karnnamanohara ?

Jenjang Pendidikan yang ada di Karnnamanohara antara lain ;

1. Kelas Latihan B (anak usia 1;6 th sampai dengan 3th)

2. Kelas Latihan A (anak usia 3 – 4th)

3. Kelas Taman 1 (anak usia 4-5th)

4.Kelas Taman 2 (anak usia 5-6th)

5. Kelas Taman 3 (anak usia 6th)

6. Kelas Dasar 1 (anak usia 7th)

7. Kelas Dasar 2 (anak usia 8-9th)

8. Kelas Dasar 3 (anak usia 9-10th)

9. Kelas Dasar 4 (anak usia 10-11th)

10.Kelas Dasar 5 (anak usia 11-12th)

11.Kelas Dasar 6 (anak usia 12-13th)

 Alamat : Yayasan Tunarungu Yogyakarta
SLB B Karnnamanohara
Jl. Pandean 2 Gang. Wulung Condong catur, Depok, Sleman
Yogyakarta Telp. 0274 7471326 . HP. 087838228680

Website : karnnamanohara.wordpress.com

Email : karnnamanohara@yahoo.com

2 comments on “Sekolah Tunarungu Karnnamanohara

  1. terima ksh kpd YAYASAN KARNNAMANOHARA,segenap jajaran,staff & pengajar yg slama ini turut dlm kelangsungan pembelajaran anak2 tuna rungu,khususnya anak saya.terlihat jelas secara signifikan kemajuan yg di peroleh anak saya. yg mungkin blm dpt di peroleh di tempat lain selama ini…kemajuan tsb tdk hanya sya selaku orang tua,akan tetapi kel,masyarakat & orang lain khususnya jg dpt berkomunikasi jauh lbh baek dr sebelumnya dgn anak saya.akan tetapi manusia selau jauh dari kata cukup & sempurna.semoga YAYASAN KARNNAMANOHARA tetap komitmen dlm menjalankan fungsi dr visi & misinya.
    sukses & tambah maju KARNNAMANOHARA……….,terima kasih.

    • Terima kasih kembali, Insya Alloh kami akan tetap menjaga komitmen dalam menjalankan Visi dan misi sekolah ini..Terima kasih atas doa nya…Semoga tetap bersyukur…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s