Diklat BKPBI dalam Peningkatan Kompetensi Guru SLB B Se-DIY

Dinas Pendidikan Propinsi DIY pada tanggal 20 sd. 23 Agustus 2008 mengadakan Diklat guna peningkatan Kompetensi guru SLB B se-DIY. Program ini diikuti oleh 140 peserta di hotl Joyo, Kaliurang.

Ternyata program khusus  Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama dianggap oleh sebagian besar peserta hal yang baru, padahal program ini mulai dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 1984 dengan nama Bina Persepsi Bunyi dan Irama.

Program ini sebenarnya program yang penting diajarkan di seluruh SLB B, atau SLB yang melayani pendidikan bagi penyandang tunarungu.  Karena salah tujuannya adalah untuk mempersiapkan anak-anak tunarungu untuk hidup di dalam masyarakat yang mendengar.

Namanya sudah Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, sudah barang tentu conten dalam materi ini adalah pembelajaraan dalam membina anak-anak tunarungu dalam berkomunikasi dan mempersepsi bunyi-bunyi, baik yang berupa bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh alat, latar belakang sampai puncaknya persepsi terhadap bunyi bahasa.

SLB B Karnnamanohara terlibat dalam kegiatan ini baik sebagai peserta (ada 3 orang guru, bu Wita, Bu Fitri dan bu Ambar) dan juga sebagai instruktur (pak Tantan, bu Erni), tadinya ingin sekali dalam kegiatan ini ada model pembelajaran dengan membawa anak-anak ke tempat pelatihan, namun karena keterbatasan dana akhirnya model pembelajaran hanya dimodelkan oleh anggota kelompok.

Guru-guru memang dituntut untuk menghasilkan sesuatu yang dapat diterapkan di sekolahnya masing-masing. Sesuai materi dalam diklat tersebut maka guru-guru dibentuk dalam kelompok yang masing-masing harus membuat assesmen umum untuk pedoman penerimaan murid baru serta assesmen khusus mata pelajaran untuk menentukan kemampuan awal siswa. Tidak berhenti di situ, kelompok juga diwajibkan untuk membuat silabus dan rencana program pembelajaran.

Pada hari Sabtu tepat pukul 15.00 diklat ditutup oleh Drs. H. Anwar Murhan selaku kepala Seksi Kurikulum bidang PLB dan Dikdas. Dan tanggapan hampir seluruh peserta merespon positif dengan diterimanya ilmu baru yang sebenarnya sudah lama.

Semoga rekan-rekan guru dapat melaksanakan pembelajaran BKPBI di sekolah masing-masing.  Selamat berjuang…!

One comment on “Diklat BKPBI dalam Peningkatan Kompetensi Guru SLB B Se-DIY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s