MENGENALKAN BUKU PAKET BAGI ANAK TUNARUNGU

Tunarungu membawa dampak terhadap perkembangan berbahasa (bahasanya menjadi miskin). Oleh karena itu ketunarunguan juga sering diiringi dengan ketunawicaraan. Karena wicara merupakan bentuk penguasaan bahasa ekspresif setelah seseorang  dapat menguasai bahasa reseptif.  Seperti kita orang normal pada umumnya tidak dapat berbicara bahasa asing( bukan bahasa ibunya) dikarenakan kita tidak menguasai/ memahami bahasa reseptif. 

Kata ahli, perolehan/ pengolahan informasi termasuk perolehan bahasa yang paling besar adalah melalui pendengaran (65%) sedangkan sisanya pengolahan dan perolehan informasi (35%) melalui penglihatan dan kinestetik. Dengan demikian bagi penyandang tunarungu telah kehilangan potensi perolehan dan pengolahan informasi akan jauh tertinggal dibandingkan dengan bukan penyandang tunarungu. Oleh karena itu perlu adanya layanan secara khusus dengan modifikasi secara khusus pula.

Berangkat dari itu semua maka dalam proses pembelajaran bagi penyandang tuanarungu kuncinya adalah memperkaya penguasaan bahasa reseptif kemudian ekspresif. Dengan terlebih dahulu :

  1. Mengoptimalkan indera mata dan taktil, karena perolehan/ pengolahan  informasi hanya dengan kedua indera itu  yang harus maksimal.

12 comments on “MENGENALKAN BUKU PAKET BAGI ANAK TUNARUNGU

  1. mas, ada bahan tentang dasar pengenalan tuna rungu ga? misalnya pengertian, ciri2, klasifikasinya. tolong kirimin ke email aku yah kalo ada….
    makasih………

    • Mbak Diah,
      Terima kasih sudah mengunjungi kami. Tentu ada dan juga banyak.
      Tapi kami belum dapat mengirim, karena keterbatasan waktu untuk mengetiknya.
      Kami tunggu saja di Karnnamanohara, ya.

  2. saya mau tanya… apakah disana ada buku paket untuk musik?
    dan apakah disana ada pelajaran musik?
    terima kasih

    • iya di kami pelajarandrumband merupakan program khusus BKPBI…
      jadi setelah anak mempelajari BKPBI, anak setelah sampai pada program memainkan alat musik maka anak akan di ajari drumband dan musik an samble…
      anak juga dilatih menari…
      kalo buku musik tidak ada yang ada buku SK KD mata pelajaran BKPBI..

    • Buku suplemen ataupun buku paket kami belum punya terutama khusus untuk tunarungu. kami disini memakai buku SD umum yang kami sesuaikan dengan Silabus.salam balik dr SLB B Karnnamanohara

  3. Selamat pagi karnnamanohara, saya radifan mahasiswa uii
    saya ingin membuat skripsi berjudul game edukasi untuk anak tuna rungu apakah saya boleh berkunjung dan sharing mengenai game edukasi seperti apakah yang cocok untuk anak penyandang tuna rungu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s