Pesantren Kilat di Karnnamanohara

Tidak terasa bulan Ramadhan sudah menjelang. Jika dihitung hari dari sekarang tinggal 2 hari lagi (Sabtu dan Minggu). Ketika pengumuman dari sekolah sampai ke tangan anak-anak langsung saja mendapatkan sambutan pertanyaan, “apakah nanti ada pesantren kilat lagi ?”

Biasa, anak-anak sangat terkesan dengan pelaksanaan pesantren. Selain ada acara buka bersama, mungkin saat persiapan untuk menginap di sekolah itu yang sangat mengesankan. Biasanya emang saat itu yang bikin geli dan takjub. Bayangkan menginap satu malam saja bisa membawa perlengkapan seperti waktu seminggu.

Pesantren kilat di karnnamanohara diisi dengan pendalaman dan pelaksanaan keagamaan, seperti belajar shalat lima waktu dengan tepat waktu  dan juga ditambah shalat sunat duha, tahiyatul masjid dan lain-lain.

Anak-anak shalat berkeliling ke masjid-masjid yang dekat dengan sekolah. Mereka pun belajar untuk memberikan infaq ke kotak amal. Kesan mereka sangat positif oleh karena itu pesantren kilat setiap tahun mesti diadakan meskipun sedikit repot. Namun demikian anak-anak harus dibimbing untuk mengenal tata cara beribadah sesuai apa yang dianjurkan agamanya.

Bagi guru, kegiatan ini juga mengasyikan. Keluhan cape sih manusiawi, bukan. Tapi mendidik anak adalah hal penting. Barangkali di sekolah lain juga ada kegiatan yang sama, walau agendanya berbeda.

Salam dari karnnamanohara Yogya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s